Everest (2015)

PosterFilm Everest ini membuat saya penasaran semenjak nonton trailernya. Seperti film-film tentang gunung pada umumnya, film ini juga bercerita tentang perjuangan dan tolong-menolong dalam tim. Hal yang membedakan adalah gunung dalam film ini bukan gunung biasa, melainkan gunung tertinggi di dunia. Ingat kan kayak yang ada di soal ujian IPS jaman SD/SMP? Dan hal menarik lainnya di sini adalah film ini diangkat dari kisah nyata Rob Hall yang nanti akan diperankan oleh Jason Clarke.

Ngomong-ngomong, ini film bukan film baru sih, sudah keluar sejak September kemarin. Tapi karena waktu itu belum sempet nonton, ya akhirnya baru nonton hari ini deh. Jadi saya akan menuliskan secara umum aja ya ceritanya bagaimana.

Saat nonton film ini, saya tegang sekaligus takjub banget sama sajian gambar Gunung Everest yang begitu tinggi, luas, dan dingin. Suasananya terlihat begitu nyata, terlepas dari shootingnya memang di gunung tersebut atau tidak.

Rob Hall adalah seorang pemandu perjalanan ke puncak tertinggi Gunung Everest melalui tour Adventure Consultans sejak 1996. Kali ini dia akan mendaki sampai puncak pada tanggal 10 Mei. Salah satu kawannya, Doug (John Hawkes), sudah mendaki gunung ini 2 kali, namun tak pernah sampai ke puncak. Dan di pendakian ini, dia bertekad untuk dapat sampai ke puncak.

Perjalanan mereka untuk sampai ke puncak tentunya mengalami beberapa rintangan. Mulai dari kedinginan, kehabisan oksigen, mata yang menjadi tidak jelas untuk melihat, badai salju, kehabisan tali, dan lain-lain. Salah satu rintangan yang bikin saya tegang adalah saat Beck hendak jatuh dari jembatan tangga.

3

Beck hampir terjatuh saat ini

Untungnya, dia masih kuat untuk memegang tangga tersebut dan Rob juga berhasil membantunya. Namun sayangnya, Beck harus terhenti di tengah perjalanan. Matanya bermasalah, sehingga dia harus mengubur mimpi untuk sampai ke puncak gunung.

Namun hal tersebut tak mengurangi antusiasme teman-teman yang lain. Mereka tetap melanjutkan perjalanan hingga mereka berhasil sampai ke puncak.

5

Berhasil sampai di puncak Everest (8,848 m)

Rob merasa senang bisa berhasil membawa mereka ke puncak Everest. Namun ada satu yang kurang. Doug ternyata masih belum sampai di puncak. Bahayanya lagi, jam sudah menunjukkan pukul 14.00 yang berarti mereka harus segera turun.

Doug tak ingin turun sebelum dia mencapai puncak. Sebagai seorang pemandu, tentu saja Rob tak mau meninggalkan dia sendiri. Akhirnya Rob menemani Doug yang sebentar lagi mencapai puncak Everest.

6

Doug akhirnya juga sampai di puncak

Saat mereka akan turun, badai yang dahsyat datang. Dan parahnya, Doug tak sanggup lagi untuk bisa berjalan karena oksigennya juga habis. Ketika Rob ingin mendului dengan bermaksud mencarikan oksigen untuk Doug, ternyata Doug terjatuh dan meninggal 😦 Rob lalu segera mengabari Helen yang berada di camp pusat.

Kondisi Rob saat itu adalah sendiri dan tidak berbekal tabung oksigen. Tubuh Rob lemah dan sangat kedinginan. Badai tak kunjung berhenti. Meski telah disemangati istrinya, Rob hanya sanggup untuk bergerak sedikit saja. Gerakan tersebut tak mampu membawa Rob kembali ke camp.

Bala bantuan dari camp pusat juga sudah dikirim untuk menjemput Rob. Sayangnya, saat mereka akan mendaki, badai datang kembali. Sehingga mereka terpaksa menghentikan pendakian tersebut. Akhirnya Rob mengakhiri hidupnya dan tubuhnya tertinggal di gunung tersebut πŸ˜₯ Istrinya yang sedang hamil anak Rob, sangat sedih. Tapi Rob telah mengatakan I Love You ke istrinya ❀ ❀

7

Tubuh Rob yang tertinggal di Gunung Everest

Beck yang tadinya sempat membeku dalam badai bersama Yasuko, wanita dari Jepang, akhirnya bisa selamat. Namun dia harus rela kehilangan kedua telapak tangannya beserta hidungnya.

9

Beck bisa kembali di rumah namun kehilangan kedua tangan dan hidungnya

8

Ini foto dari kisah nyatanya

Rest in Peace Rob, Scott, Harold, Doug, Yasuko, dan lain-lain 😦

Advertisements

One thought on “Everest (2015)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s