Sinopsis & Review Novel Matahari-nya Tere Liye

Assalamualaikum.

Ini bakal jadi post pertama saya untuk cerita tentang novel. Sebelumnya pernah sih, namun di platform sebelah, Blogspot, yaitu tentang Priceless Moment karya Prisca Primasari. *monggo kalau mau berkunjung* Sekarang saya ingin nulis review karya dari penulis kondang Tere Liye, yaitu Matahari.

Buku Matahari ini sebenarnya merupakan buku ketiga, sebelumnya ada Bumi dan Bulan. Namun karena bandel, saya langsung baca yang Matahari. Bingung sebenarnya pas baca ini tanpa membaca seri-seri sebelumnya πŸ˜† Karena memang saling berhubungan dari awal. Tapi alhamdulillah, lambat laun saya jadi paham dan bisa mengikuti ceritanya dengan baik dan asik!

Waktu baca ini saya jadi terbayang-bayang film kartun yang sangat berjaya di masa kecil saya, Doraemon. Konsep ceritanya mirip banget, tentang petualangan dan teknologi canggih yang membuat saya berharap banget hal itu ada πŸ˜€

Saya spoilerΒ  ya ceritanya. Tapi kalau seandainya ada yang salah-salah, maafin ya, karena agak-agak lupa dengan detilnya πŸ™„

Jadi ada tiga sahabat, Raib, Seli, dan Ali. Raib berasal dari Klan Bulan, Seli Klan Matahari, dan Ali Klan Bumi. Entah klan ini maksudnya apa, saya anggap sama seperti planet atau sejenisnya *maksa* Mereka bertiga memiliki karakter dan kekuatan yang berbeda-beda. Yang menonjol pada buku ini adalah karakter Ali, yang sangat cerdas *sumpah cerdas banget, Einstein KW super kayaknya ini* dan memiliki kekuatan bisa berubah menjadi beruang raksasa.

Setelah sebelumnya mereka berpetualang di Klan Matahari dan Bulan, Ali sangat penasaran dengan Klan Bintang. Berbagai cara ia lakukan untuk mencari informasi tentang klan tersebut. Beruntung Ali memiliki semacam tabung kecil yang isinya adalah perpustakaan sentral klan bulan. Dari situlah Ali bereksperimen dan mencari cara agar bisa berpetualang di Klan Bintang.

Hingga suatu hari, Ali menemukan letak Klan Bintang. Ia pun juga telah mempersiapkan perjalanan dengan membuat ILY (semacam piring terbang kali ya, yang cukup memuat ketiga sahabat itu). Dan perjalanan menuju Klan Bintang pun dimulai.

Perjalanan menuju Klan Bintang ini harus melewati lorong-lorong lapisan bumi. Dan pastinya mereka menemui berbagai rintangan di setiap mulut lorong. Namun dengan kekompakan mereka bertiga, rintangan tersebut mampu dilewati. Saat sampai di mulut lorong kedua, mereka bertemu dengan beberapa kawanan yang membantu mereka dan ternyata berasal dari Klan Bintang. Lalu kawanan tersebut membawa mereka menuju Klan Bintang, tepatnya di lembah hijau milik Faar. Sebagai gambaran untuk Klan Bintang: klan ini sungguh simetris, banyak teknologi canggih, namun tidak mendukung adanya sang pemilik kekuatan. Faar salah satunya, yang akhirnya membangun lembah hijau dan meninggalkan pusat kota.

Kota Zaramaraz *simetris kan* merupakan pusat dari segala pusat dari berbagai klan permukaan. Kota ini diatur oleh Dewan Kota yang sudah mengeluarkan beberapa dekrit, terutama untuk sang pemilik kekuatan. Kehadiran ketiga petualang tersebut nyatanya langsung diketahui oleh penghuni Dewan Kota. Dan mereka di sini menjadi buronan.

Ketiga petualang itu ternyata berhasil ditangkap oleh Dewan Kota. Segala perlawanan dan kekuatan yang dikeluarkan mereka sia-sia, saat itu. Mereka akhirnya dikarantina bersama sang pemilik kekuatan yang membangkang lainnya. Ada yang bilang bahwa “Sekali mereka dikarantina, entah sampai kapan mereka bisa lepas”, karena memang penjagaannya sangat ketat apalagi dibantu dengan teknologi yang super canggih. Bagaimana ya nasib mereka? Apakah akan berakhir di sel karantina selamanya?

Nah itu deh spoiler dari saya. Yang penasaran dengan endingnya bisa baca langsung bukunya πŸ˜€

Menurut saya buku ini bagus bangeeet! Ceritanya amazing dan kompleks namun tetap bisa dinikmati dengan mudah. Pemaparan karakter tokoh juga sering disebutkan, sehingga yang belum baca seri sebelumnya seperti saya tetap bisa mengikuti cerita ini. Selain itu, pemaparan teknologinya yang super canggih itu beneran seperti mimpi banget. Seperti alat-alat Doraemon namun dikemas lebih manusiawi, hehe. Saya sangat merekomendasikan kalian untuk baca buku ini πŸ˜€

Rate: 9/10 ❀ (karena endingnya bikin penasaraaan dan harus baca seri selanjutnya, Bintang, kalau ingin tahu kelanjutannya).

Advertisements

2 thoughts on “Sinopsis & Review Novel Matahari-nya Tere Liye

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s