Miss Peregrine’s Home For Peculiar Children

banner-imdb

Assalamualaikum.

Judul film ini panjang banget, ya? Namun, dari judulnya saja sudah dapat terbaca film ini nantinya akan bercerita tentang apa, yaitu rumah Miss Peregrine untuk anak-anak istimewa. Anak istimewa yang dimaksud di sini bukanlah yang memiliki kebutuhan khusus, melainkan mereka yang memiliki keahlian khusus.

Masing-masing anak yang tinggal dalam rumah tersebut memiliki keahlian yang berbeda-beda, ada yang dapat mengendalikan udara sehingga dapat terbang, anak kecil dengan kekuatan super, remaja lelaki yang dapat membuat orang/benda mati menjadi hidup (dengan memberinya jantung),remaja perempuan yang memiliki kekuatan panas di tangannya, dan lain-lain.

Rating

IMDb: 7,1/10 (per 11 Oktober)

Sinopsis [SPOILER]

Di awal film akan diperlihatkan seorang kakek, Abe (Terence Stamp) yang dianggap menderita demensia oleh cucunya, Jake (Asa Butterfield). Suatu malam, Jake menemukan kakeknya sedang sekarat di hutan belakang rumahnya. Terlihat bahwa mata sang kakek lepas dari tempatnya. Hal ini membuat si kakek memberikan pesan singkat kepada Jake sebelum meninggalkan dunia. Pesan tersebut adalah bahwa Jake harus menyelamatkan teman-teman sebangsa kakeknya (yaitu orang/anak-anak istimewa).

Saking penasaran dengan pesan kakeknya tersebut, Jake selalu kepikiran dan akhirnya mengajak ayahnya untuk pergi ke tempat tinggal semasa kakeknya masih kecil. Di tempat inilah Jake mengetahui bahwa terdapat sebuah ‘lingkaran’ dimana rentang waktu dapat membedakan dunia. Hanya orang-orang yang memiliki keistimewaan yang dapat memasuki lingkaran tersebut. Di lingkaran tersebut, Jake bertemu dengan Miss Peregrine, Ymbrine (dibaca imbrin), pengasuh anak-anak istimewa yang dapat berubah menjadi burung serta dapat mengatur waktu.  Di sinilah Jake akhirnya bertemu dengan teman-teman barunya.

Miss Peregrine | Cantiiik ❤

Permasalahan yang akan diselesaikan Jake di sini adalah dia harus menyelamatkan lingkaran-lingkaran yang ada di dunia dari ancaman Hollow. Hollow adalah monster yang terdiri dari orang-orang istimewa yang ingin menguasai kekuatan Ymbrine. Akibat percobaan yang dilakukan Barron (Samuel L. Jackson), kelompok orang-orang ini menjadi Hollow yang berbentuk menyerupai manusia namun tidak memiliki mata dan dari mulutnya dapat keluar tentakel. Untuk dapat menjadi seperti semula, Hollow harus memakan mata manusia, baik manusia biasa maupun yang memiliki keistimewaan (nah, jadi yang membunuh kakeknya Jake adalah Hollow). Hollow ini adalah monster tembus pandang, sehingga baik Miss Peregrine maupun anak-anak yang diasuhnya, sama sekali tidak ada yang bisa melihatnya, kecuali Abe dan akhirnya diturunkan kemampuannya pada Jake (ini yang membuat Jake sadar bahwa dirinya memiliki keistimewaan). Hal itulah yang membuat Jake sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan lingkaran-lingkaran yang ada di dunia.

Anak-anak Super

Hollow

Lambat laun, Barron bersama sekomplotannya telah berubah kembali menjadi manusia. Mereka juga telah menangkap beberapa Ymbrine untuk dilakukan percobaannya lagi. Dan kali ini, Miss Peregrine juga tertangkap. Segeralah Jake dan teman-teman lainnya membantu para Ymbrine untuk membebaskan diri dan melenyapkan Barron dkk.

Untuk tahu lebih lanjut tentang perlawanan Jake dan teman-temannya, bisa kalian tonton sendiri ya di bioskop terdekat. Buruan, mumpung masih ada lho filmnya, hehe~

Review

Menurut saya film ini bagus banget. Jalan ceritanya nggak mudah ditebak meskipun terlihat dari posternya film ini seperti film-film animasi pada umumnya dan mudah ditebak alur ceritanya. Bagian yang saya suka adalah pemilihan keahlian yang ditanamkan pada karakter-karakter pemainnya cukup unik, seperti beberapa tadi yang telah saya sebutkan, yaitu adanya remaja yang dapat menghidupkan orang/benda mati, anak lelaki yang dapat memproyeksikan mimpinya (jadi dengan semacam alat yang diletakkan di depan matanya, dia dapat menjadi seperti LCD gitu), anak yang dapat menumbuhkan bibit dengan cepat, dan lain-lain. Yang paling mengejutkan adalah, karakter anak kembar yang seperti memakai kostum dan topeng gitu, jadi ketika topeng dibuka, maka orang yang melihatnya dapat terkutuk menjadi batu. Wow, lebih hebat dari ibu Malin Kundang dong ya.

Si Kembar

Pemaparan masing-masing keahlian beberapa dijelaskan di awal hingga memasuki pertengahan film. Namun secara keseluruhan, dapat dilihat di bagian klimaks film, agak di akhir film gitu. Dan ini merupakan bagian yang juga saya suka. Kombinasi keahlian-keahlian anak-anak di akhir film inilah yang menurut saya membuat film ini seru banget. Meski sempat beberapa ada yang gagal, namun mereka tetap kompak dan saling tolong menolong.

Oh iya, di awal-awal film, film ini terkesan seperti horor, jadi saya sempat tegang-tegang gitu dan kaget kok serem. Tapi ketika selang 20 menitan, film berjalan normal 😆

Secara keseluruhan film ini baguuuus. Wajib ditonton!!

Rate versi saya: 8/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s