Doctor Strange

Yay! Setelah melewati minggu UTS yang menyita pikiran, saya diajak untuk menonton film kesukaan si Mas. Film ini keluaran dari Marvel, tau kan apa? Yap, Doctor Strange. Kalau biasanya yang saya lihat pada film-film sebelumnya itu berupa superhero, kali ini ternyata superheronya dikemas dengan konsep yang lain, yaitu superhero yang adalah pesulap. Entah sih kalau sebelumnya sudah ada juga, saya nggak hafal dengan seri kesukaannya mas, wkwk. Saya melihat film ini dengan terkagum-kagum. Selain karena si Doctor (Benedict Cumberbatch) yang cakep (waktu wajahnya bersih), juga karena efek-efek visual yang disajikan. Khas Marvel banget! ❀

Sinopsis (SPOILER)

Film ini bercerita tentang seorang doktor yang bernama Stephen Strange. Dia adalah doktor ahli bedah yang kaya raya namun agak sombong dan egois. Suatu ketika, dia mengalami kecelakaan parah hingga membuat tangannya rusak parah (hampir lumpuh). Hal ini membuatnya kehilangan pekerjaan serta seluruh hartanya untuk berobat. Namun tak pernah bisa sembuh. Dia sangat depresi karena kelumpuhannya ini. Saking depresinya, dia akhirnya disarankan oleh seorang pemain basket yang pernah lumpuh namun akhirnya bisa sembuh total dan bisa bermain basket kembali. Si pemain basket ini memberitahu sebuah tempat bernama Kamar-Taj. Pergilah si doktor mengembara ke tempat tersebut.

Sebelum sampai pada tujuannya, si doktor dikepung oleh beberapa berandalan. Di sini dia tidak bisa membalas karena tangannya yang masih rapuh, namun akhirnya dibantu oleh seseorang yang nanti diketahui adalah salah satu guru di Kamar-Taj, yaitu Mordo (Chiwetel Ejiofor). Setelah itu, Mordo yang sudah mengetahui maksud kedatangan si doktor, akhirnya membawa dia ke Kamar-Taj. Sebelumnya Mordo menjelaskan agar Strange tidak bersikap β€œpintar” dalam hal ilmiah ketika bertemu dengan Sang Leluhur (Tilda Swinton). Namun karena pada dasarnya Strange memang keras kepala, akhirnya sampai diusirlah dia dari Kamar-Taj πŸ˜€ Tapi nggak lama kemudian dia diterima kembali kok di sini, karena keteguhannya yang menunggu di depan pintu bak menanti pacar yang sedang ngambek untuk membukakan pintu πŸ˜†

Ilmu untuk masuk dimensi astral | Di sini Strange masih belum percaya dengan ilmu beginian, akhirnya diusir deh

Semenjak diterimanya kembali, Strange belajar banyak tentang ilmu-ilmu β€œsulap” di sini. Bahkan di sini ada juga perpustakaan yang mana buku-bukunya berupa ilmu terkait pesulapan. Permasalahan yang diangkat di film ini adalah, ada sebuah buku dimana dua lembar di dalamnya itu diculik oleh mantan murid, jadi dia mengkhianati Sang Leluhur gitu. Dia adalah Kaecilius. Tindakannya dilakukan karena dia merasa bahwa Sang Leluhur berbohong untuk tidak menggunakan ilmu pada dimensi gelap, hm apa ya namanya, intinya kayak ilmu jahat gitu deh (sebutan raja kegelapannya itu Dormammu). Makanya si Kaecilius ini akhirnya mencuri dua lembar itu. Kemudian, kubu Kaecilius di sini nantinya akan berusaha menghancurkan tiga kuil yang dimiliki Kamar-Taj agar ia (Dormammu) bisa menguasai dunia. Tapi dengan kecerdikan Dr Strange akhirnya niatan tersebut dapat dihentikan dan semua kehidupan berjalan normal.

Review

Seperti pada film-film Marvel biasanya, banyak adegan-adegan yang dapat memecah tawa para penonton, tak terkecuali di film ini. Adegan-adegan ini sebenarnya cukup receh, namun tetap menurut saya sangat lucu. Salah satunya adalah ketika adegan Strange yang saat bertarung dengan kubu Kaecilius di Kuil New York, tiba-tiba dia tertusuk jantungnya. Nah karena dia memiliki kemampuan sulap untuk membuat semacam β€œpintu kemana saja”, akhirnya dia membawa dirinya ke rumah sakit tempat ia bekerja dan menemui Christine Palmer (Rachel McAdams), pacarnya yang juga doktor ahli bedah di situ. Karena Palmer tidak tahu apa-apa dan melihat tiba-tiba Strange datang dengan baju yang aneh dan dadanya yang berdarah-darah, dia terlihat terheran-heran namun tetap berusaha menyelamatkan Strange. Nah yang lucu adalah ketika jiwa Strange keluar dari raganya dan masuk ke dunia (dimensi) astral, tiba-tiba membantu Palmer menolong dirinya. Spontan, si Palmer kaget banget πŸ˜† Di sini tawa penonton lepas banget. Dan masih banyak adegan-adegan lucu lainnya dari si Strange ini.

Saat Strange tiba-tiba datang pada si Palmer (pacarnya)

Selain adegan lucu, saya juga terkagum-kagum dengan efek visual yang disajikannya (seperti yang sempat saya singgung di awal post). Di mana bangunan-bangunan bisa diputar, otak-atik sedemikian rupa, jadi seperti pemain-pemainnya berada di mesin putar, penggiling, dan sebangsanya. Saya dan Mas hanya mbatin, gimana ya buatnya(?) wkwk. Lalu saya juga suka ketika Sang Leluhur akhirnya turun tangan untuk bertarung melawan Kaecilius, meskipun akhirnya kalah. Saya sempat tak menyangka kalau dia akan kalah, secara kan, seperti lakon utama si pemilik kekuatan terhebat gitu lho, hehe, ternyata saya salah.

Hal lain yang menarik dari film ini menurut saya adalah pertarungan yang terjadi antara Dr Strange dengan dirinya sendiri. Karena awalnya dia hanya untuk berobat menyembuhkan kedua tangannya yang lumpuh, namun akhirnya setelah masuk ke dunia sulap ini dia malah berusaha membela kebaikan dengan melibatkan semua unsur kehidupan dan hal di luar logikanya (sebagai seorang doktor). Dan menurut saya, film sulap ini nggak kalah seru dengan film sulap yang booming banget, Harry Potter!

Meski lucu-lucuan, ada beberapa pelajaran penting yang bisa didapat dari film ini. Diantaranya adalah:

  • Jangan jadi orang yang sombong dan egois seperti Strange di awal-awal film, yang membuatnya tidak diterima di lingkungan barunya (Kamar-Taj). Karena untuk dapat memasuki lingkungan baru, terkadang kita emang perlu menyesuaikan diri dengan yang sudah lama dalam lingkungan tersebut. Dan juga, sekalipun kita sepintar apapun dalam suatu bidang, pasti ada sisi lain dari ilmu/pengetahuan yang kita belum mengerti sama sekali. Jadi jangan sombong dan kita harus mau open minded untuk dapat menerima ilmu baru tersebut.
  • Menggunakan cara kejahatan untuk kebaikan itu biasanya boleh dilakukan, asal kejahatannya masih dalam taraf yang sewajar-wajarnya dan tidak melanggar hukum ya! Kalau berhubungan dengan hukum, ya biar hukum aja deh yang berurusan. Hehe.
  • Kesehatan itu mahal harganya. Bayangkan saja, akibat kecelakaan sekali yang dialami Dr. Strange, dia sampai kehabisan seluruh hartanya. Jadi jaga kesehatan ya! Setidaknya kalau tidak bisa rutin berolahraga seperti saya, jangan makan yang aneh-aneh. Terus kalau berkendara, pelan-pelan aja kalau memang tidak perlu buru-buru. Nah ini juga kesalahan yang dilakukan Strange yang akhirnya sampai mengalami kecelakaan parah, yaitu melihat pesan dari smartphone sambil mengendarai mobil dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Mungkin itu beberapanya, hehe. Tonton aja filmnya, recommended! Menurut beberapa review juga film ini bagus dan menghadirkan warna baru di jajaran film Marvel lainnya πŸ˜‰

Nb: Di akhir credit ada dua kali (mid-credit danΒ after-credit) scene tambahan lho :p

Rating

IMDb: 8,1/10 (per 31 Oktober)

Rate versi saya: 9,0/10.

Advertisements

3 thoughts on “Doctor Strange

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s