Xiaomi Snapdragon Power Tour Surabaya

Assalamualaikum.

Karena menjadi seorang mahasiswa tingkat akhir, yang mana mata kuliah selama satu semester hanyalah tugas akhir adalah pekerjaan yang sangat nganggur, saya cukup sering mengikuti/menghadiri acara-acara yang bermanfaat/menghibur dan yang paling penting GRATIS. Hal ini untuk mengisi waktu luang dan sedikit mencari aktivitas lain selain nugas. Daripada harus mengeluarkan banyak uang untuk refreshing, kan mending datang ke acara gratisan. Tinggal duduk, dengerin, dapet ilmu deh kalau menyimak dengan baik πŸ˜ƒ Mendapat sertifikat, goodie bag atau merchandise lain adalah bonus!

Bulan Maret lalu saya mengikuti seminar “Entrepreneurs Wanted!” dari Staf Kepresidenan RI yang menghadirkan Wiliam Tanuwijaya, CEO Tokopedia. Singkat cerita, beliau membicarakan tentang bagaimana dirinya yang berasal dari keluarga kurang mampu, pada akhirnya mampu membangun salah satu Β platform jual beli terbesar di Indonesia. Tentunya beliau banyak sekali mendapati kata-kata yang menyakiti hatinya, tapi dengan pikiran dan niat yang positif akhirnya beliau berhasil membuktikan kepada semuanya bahwa beliau bisa. Selain seminar tersebut, saya juga menghadiri Roadshow dari Midtrans. Awalnya saya sama sekali tidak tahu tentang Midtrans, saya merasa malu sebagai anak yang belajar IT tapi tidak tahu tentang Midtrans, hehe. Ternyata Midtrans ini adalah sebuah startup yang membantu sebagian besar e-commerce di Indonesia dalam hal pembayaran. Midtrans ini sebagai payment gateway nya gitu. DalamΒ roadshow nya kemarin, Midtrans memperkenalkan layanan baru selain sebagaiΒ payment gateway, yaitu sistem analis data untuk kelola risiko, dan sistem chat untuk meningkatkan transaksi.Β Kliennya antara lain adalah e-commerce besar di Indonesia, seperti Bukalapak, Sribulancer, dan masih banyak lagi (saya lupa πŸ˜› ).

Nah, Minggu (14/5) lalu, saya mengikuti roadshow dari Xiaomi dan Qualcomm Snapdragon serta Jagat Review. Sejak salah seorang teman saya mempublikasikan acara ini di salah satu grup LINE, saya tertarik untuk mengikutinya. Alasan utamanya adalah untuk mengisi waktu luang di Hari Minggu yang biasanya selalu saya manfaatkan dengan bermalas-malasan. Alasan sekunder, tersier, dan seterusnya adalah untuk mendapatkan sertifikat, lalu karena saya pengguna Xiaomi jadi saya merasa harus ikut, lalu saya ingin mengerti tentang snapdragon yang pernah saya dengar saat membaca-baca spesifikasi smartphone tanpa saya mengetahui makanan makhluk apa sebenarnya dia itu. Akhirnya saya mendaftarkan diri melalui formulir online yang disediakan oleh panitia.

*maap burem gambarnya*

Sehari sebelumnya, saya dilanda kegalauan serta hampir memutuskan untuk tidak ikut. Orang tua saya mau pergi keluar kota dadakan di Hari Minggu sehingga saya harus menjaga adek di rumah. Namun ternyata keesokannya mereka tidak jadi berangkat. Saya jadi bisa menghadiri roadshow Xiaomi x Qualcomm Snapdragon ini. Tentunya ditemani dengan mata yang berat karena bangun pagi πŸ˜ƒ

Saya sampai sekitar pukul 9 pagi dan langsung melakukan registrasi untuk mendapatkan snack. Seneng banget dapat roti 3 biji, biasanya paling banyak 2 biji roti kalo ada acara-acara beginian. Namun ternyata acaranya tidak mulai-mulai padahal di poster tertulis mulai pukul 9 pagi. Saya jadi agak kzl karena acaranya molor. Bahkan sampai sejam kemudian. Dan akhirnya acara dibuka oleh MC. Untung pembukaannya bikin mata saya agak melek, dan akhirnya materi pertama saya terima dengan cukup baik.

Materi pertama disampaikan oleh Dominikus Susanto yang merupakan Senior Manager Marketing, Qualcomm South East Asia. Beliau mengawali materi dengan menjelaskan penggunaan internet masa kini dan kebutuhan pengguna terhadap internet. Yang paling mutlak dibutuhkan pada generasi masa depan, menurut materinya, adalah video streaming, cloud computing, rich entertainment, dan lainnya. Hal ini membuat pengguna memerlukan kemampuan prosesor yang canggih. Nah, Qualcomm Snapdragon menawarkan diri sebagai solusi untuk hal tersebut. Singkatnya, Snapdragon menawarkan kecepatan yang luar biasa, baterai tahan lama, dan konektivitas handal yang pastinya dibutuhkan oleh generasi smartphone masa kini! Nggak pengen kan main game atau nonton video tapi putus-putus?

Materi selanjutnya adalah tentang Xiaomi. Di sini Pak Bobby, selaku kepala Xiaomi Indonesia, bercerita bahwa sekarang Xiaomi sudah mempunyai pabrik resmi di Batam sehingga masyarakat nggak perlu lagi khawatir atau meremehkan produknya karena Xiaomi bisa beredar secara resmi di Indonesia. Dalam tour nya ini, beliau juga menjelaskan produk smartphone Xiaomi yang dihasilkan dari pabrik tersebut, salah satunya Xiaomi 4A. Smartphone ini didukung oleh 4G dan sudah mengimplementasikan Snapdragon. Selain itu juga sudah menggunakan MIUI 8 yang resmi, dan menariknya, ini bisa digunakan untuk memiliki dua aplikasi yang sama dalam satu smartphone! Keren kan? Bagi yang suka nge-game, ada produk Xiaomi 4X yang bisa tahan sampai 13 jam lho karena kapasitas baterainya yang super besar, yaitu 4100. Pasti puas dan nyaman banget mainnya! Dan banyak lagi pembahasan lain tentang Xiaomi dengan spesifikasi-spesifikasi yang bikin ngiler πŸ˜ƒ

Materi terakhir disampaikan oleh Bang Dedy dari Jagat Review. Saat materi ini saya benar-benar tidak menangkap materi dengan baik. Selain karena saya sudah terlalu ngantuk (karena pemberian materinya nonstop), pemateri membicarakan hal yang sangat β€˜teknis’. Seperti SoC (System on Chip), cara kerjanya, bagian-bagiannya, dan lain-lain ☹ (maap nih Bang Dedy). Namun di sesi ini ada bahasan yang menarik perhatian saya, karena saya pernah mengalaminya, yaitu mengapa yang menggunakan tipe jaringan 4G only tidak bisa melakukan panggilan suara? Katanya sih memang begitu (saya lupa penjelasan detilnya), karena tiap melakukan panggilan suara, smartphone akan secara otomatis mengalihkan tipe jaringan ke 3G. Di sini ada solusi untuk yang 4G only, yaitu menggunakan VoLTE (Voice over LTE). VoLTE ini merupakan kemampuan jaringan yang dapat menerima atau menelfon dengan jaringan 4G. Dan di smartphone Xiaomi Note 4 sudah mendukung VoLTE lho jadi yang menggunakan tipe 4G only jadi bisa deh melakukan panggilan suara! Satu lagi sih yang masih terngiang pesan dari Bang Dedy, #MENDINGXIAOMIRESMI πŸ˜ƒ

Setelah semua materi selesai, saatnya bermain-main games. Banyak sekali jenisnya, seperti tebak-tebakan, menyebutkan spesifikasi dari smartphone Xiaomi yang dimiliki, banyak-banyakan gadget Xiaomi yang dibawa saat acara, hingga bermain balapan Asphalt yang pemenangnya akan mendapatkan Xiaomi Redmi Note 4! Permainan-permainan ini seru-seru, sayangnya kenapa tidak diselingi saat materi ya? Sayangnya lagi, karena acara ini nonstop (tanpa break) dari jam 10 sampai 3 sore, kenapa peserta tidak diberi makan siang ya? πŸ˜† Ini agak keterlaluan sih, tapi kan wajar karena acaranya melewati jam makan siang gitu *pembelaan*

Foto kekinian dulu | sumber

Secara keseluruhan, roadshow/tour ini keren sih! Karena selain gratis, peserta juga mendapatkan ilmu serta sertifikat. Cuma ya memang masih ada sedikit kekurangan masalah time management, sama konsumsi *PENTING INI* 😝 Dan yang paling menyenangkan dan tak disangka-sangka, saya mendapatkan doorprize Redmi Note 4 *HOREEEE* Sungguh kalau rezeki nggak kemana ya. Ternyata begini rasanya dapet doorprize *baru sekali*, nggak nyangka banget waktu nomor saya dipanggil wkwk *terhuraa*

Spesifikasi Redmi Note 4

New phone ❀ Thank you @xiaomiindonesia

Sedikit cerita. Jadi nomor undian ini tidak diberikan secara terurut saat registrasi peserta, tapi saat di tengah-tengah materi lalu seperti maraton dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Saat saya menerima sebuah kertas bernomor 131, entah kenapa rasanya berat buat meneruskannya ke sebelah. Padahal tangan kanan saya sudah menjulur ke sebelah, tapi dia seperti lagi belum dalam posisi siap gitu. Terus akhirnya datang lagi 2-3 nomor undian di tangan saya, dengan status nomor 131 tadi masih saya pegang. Dan saya pun tidak jadi memberikan nomor 131 dan memberikan 2-3 nomor undian lain di tangan saya. Entah sih, mungkin itu pertanda 😝 Tapi saya tidak ada firasat juga, dan memang tidak terlalu berharap awalnya. Berdoa pasti, hanya tidak berharap lebih. Karena jarang sekali (bahkan belum pernah) saya hoki mendapatkan doorprize. Yah, jadi kesimpulannya cerita saya itu mungkin hanya sebuah kebetulan belaka, wkwk. Tapi karena saya percaya bahwa tidak ada suatu yang kebetulan, karena sudah ditakdirkan demikian oleh Yang Maha Kuasa, saya menganggap mungkin itu memang rezeki saya. Alhamdulillah 😊 :’)

4 thoughts on “Xiaomi Snapdragon Power Tour Surabaya

Leave a Reply

