Main-main di Geekfest

Assalamualaikum.

Setelah minggu kedua di Bulan Mei saya mengikuti tour tentang teknologi (Xiaomi dan Snapdragon), minggu ketiga ini saya mengunjungi pameran yang berkaitan dengan teknologi, yaitu tentang dunia StartUp.

StartUp sendiri dalam Bahasa biasanya disebut perusahaan rintisan, atau merujuk pada pengertian sebagai perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru berdiri dan masih dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali StartUp. Kebanyakan memang berupa e-commerce, namun ada pula tentang pendidikan dan pengetahuan, travel, kendaraan, dan lainnya. Biasanya StartUp ini didirikan juga untuk mengatasi permasalahan yang ada di Indonesia, seperti Reblood yang membantu masyarakat dalam menghubungkan pencari dengan pendonor darah.

Baca juga: Sunday Market: Bikin Weekend Seru

Pada Sabtu (20/5), saya bersama Dea dan Ucik mengunjungi salah satu acara yang memamerkan StartUp, yaitu Geekfest. Acara ini diadakan di Siola Surabaya. Sebagai disclaimer, saya bukan orang yang terlalu geek ya, saya hanya penasaran dengan StartUp yang ada dalam acara tersebut πŸ˜ƒ

Saat sampai di sana saya merasa β€˜wah’ karena ramai sekali dan kelihatan banget yang datang rata-rata orang yang gila teknologi, nggak seperti saya yang masih gaptek. Beberapa yang saya kunjungi stannya adalah Picmix, Reblood (hanya menyapa teman dan numpang timbangan πŸ˜ƒ), Grey & Jingga, Riliv, dan The BobbleShop.

Picmix

Picmix ini sebenarnya sebuah aplikasi foto yang bisa memotret (yaiyalah), bikin boomerang, terus sama kasih stiker atau berbagai emoticon. Stan Picmix ini menyediakan tempat foto untuk pengunjung dengan berbagai properti yang bisa digunakan. Hasilnya bisa dikirim atau dibagikan ke email atau sosial media kita. Atau kalau pengunjung mau instal aplikasi dan melakukan sign up, pengunjung bisa mengadu nasib untuk mendapatkan cetakan, permen, atau tidak mendapatkan apa-apa. Saya dan teman-teman bikin boomerang dan alhamdulillah bernasib baik sehingga mendapatkan cetakannya πŸ˜ƒ

A(May)zing πŸ‘½

Sebuah kiriman dibagikan oleh Delina Rahayu Effendi (@delinaare) pada Mei 20, 2017 pada 3:05 PDT

 

Reblood

Reblood ini adalah StartUp yang didirikan oleh senior saya di kampus. Seperti yang sudah saya jelaskan (sedikit) sebelumnya, Reblood ini berupa aplikasi (download di sini) yang mana sangat bermanfaat bagi pencari darah atau yang ingin mengikuti donor darah. Saya pernah melakukan wawancara terkait Reblood saat senior saya masih belum lulus. Awal mula didirikannya itu karena melihat banyaknya pencari darah yang sering kesulitan dalam mencari golongan darah yang available dan di rumah sakit/PMI terdekat, padahal kalau tidak nemu-nemu kan bahaya, bisa jadi kehilangan nyawa. Dulunya masih berupa web based gitu, namun sekarang sudah berkembang aplikasinya. Silakan diunduh aplikasinya karena pasti bermanfaat. Bagi pendonor rutin, aplikasi ini sangat membantu, karena terdapat fitur untuk mengingatkan jadwal mendonor serta terdapat event donor darah yang bisa diikuti.

Di sini saya hanya mengunjungi teman saya yang tergabung dengan tim Reblood. Saat saya main ke stannya, ada sekitar dua orang yang sedang donor darah. Saya pribadi nggak sanggup buat donor darah, takut ☹ Disuntik biasa aja nggak berani, apalagi donor darah ☹ *mental tempe*

Grey & Jingga

Saya direkomendasikan stan ini oleh teman saya yang gemar membaca komik ini di Facebook dan kebetulan ada kreatornya. Tapi saya di sini hanya mencoba virtual reality-nya, dimana kita akan memiliki β€œteman kencan” virtual. Di situ lawan main virtual akan mengajak kita ngobrol lalu diberi pertanyaan, dan kita menjawabnya dengan mengarahkan mata kita ke pilihan yang ada. Menurut saya seru sih walaupun agak membosankan karena lama banget ngobrolnya πŸ˜ƒ

Riliv.id

Di sini pengunjung bisa mencoba permainan untuk mengetahui kepribadiannya. Permainannya mudah sekali, yaitu dengan melakukan desain rumah yang nggak terlalu ribet (nggak yang seperti dilakukan arsitek kok πŸ˜ƒ) dan dari desain tersebut dapat diketahui kepribadian kita. Saya sendiri sudah mencoba. Hasilnya pun memang ada yang saya rasa itu benar, ada juga yang saya rasa kurang sesuai. Tapi hal ini memang wajar banget kan, karena kalau yang sering ikut-ikut tes kepribadian pasti nggak 100% hasilnya sesuai dengan diri kita banget. Tapi jangan ragu, karena setelah ngobrol-ngobrol sama mbaknya, yang membuat anak psikologi kok, jadi hasil yang ada bukan hasil yang sembarangan.

Sebagian hasil psikologi saya

The BobbleShop

Produk dari StartUp ini adalah cetakan 3D wajah kita dengan pilihan tubuh yang tersedia. Lucu sekali hasilnya, saya pengen punya. Sayangnya harganya mahal, sekitar Rp300.000,00. Pengunjung yang memesan karakternya di sini pertama kali akan dilakukan pemotretan wajah tampak depan sampai kanan-kiri. Hal ini bertujuan agar pencetakan bisa dilakukan sedetil mungkin. Setelah itu, pengunjung memilih-milih, wajahnya tadi mau dikasih tubuh yang mana.

Pas milih karakter *maap pas tangannya nutup*

Sebenarnya banyak sekali pilihannya, namun saya sendiri belum banyak lihat karena belum mencobanya takut dikira beli, padahal kan nggak punya duit. Kalau sudah, baru deh masuk ke percetakan.

Percetakan 3D

Pencetakan 3D ini membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa mencapai 9 jam. Tapi hasilnya lucu-lucu dan gemesin!

Lucu kaaan *maap burem, hiks*

Itu tadi beberapa stan StartUp yang saya kunjungi. Sebenarnya ada lagi tapi saya lupa namanya, hehe. Kebanyakan stan-stan ini menyediakan β€œgame” untuk pengunjung sekaligus bisa membuat pengunjung tau StartUp apa itu atau bagaimana cara kerja produknya. Bagi yang tertarik mengunjungi Geekfest, bisa pantau akun Geekfest di Instagram atau Twitter ya, siapa tau sedang berkunjung di kota kalian. Kalau di Surabaya sendiri acaranya sudah lewat, hanya dua hari saja. Seru sih sebagai hiburan, apalagi yang emang geek 😊

3 thoughts on “Main-main di Geekfest

Leave a Reply

