Cara Mencegah Bibir Kering

Assalamualaikum.

Meski memang tidak terlalu membahayakan tubuh atau mengancam nyawa, memiliki bibir pecah-pecah itu sangat mengganggu. Bagi yang pernah atau bibirnya sedang pecah-pecah, pasti rasanya jari-jari di tangan ini gatal ingin mencabut kulit-kulit bibir yang pecah. Akibatnya, bibir bisa berdarah dan terasa sakit.

Sumber di sini

Saya sendiri pernah mengalaminya. Masa-masa parah bibir saya pecah-pecah adalah ketika masih SMP. Sering sekali saya mencabut kulit mati diΒ  bibir hingga berdarah-darah. Saya jadi harus sedia tisu di sekolah untuk mengusap darah. Beruntung sekali penyakit bibir kering saya tidak bertahan lama sehingga sejak SMA hingga sekarang saya jarang mengalami bibir pecah-pecah.

Baca juga:Β Unboxing Althea Box

Terkait dengan bulan Ramadhan, berpuasa itu identik sekali dengan bibir kering/pecah-pecah. Hal ini dikarenakan tubuh kita mengalami dehidrasi akibat menahan untuk tidak minum seharian. Namun saya bersyukur, karena di Bulan Ramadhan ini dan sebelum-sebelumnya, bibir saya tidak lagi pecah-pecah.

Sebagai salah seorang yang (insya Allah) berhasil lepas dari bibir pecah-pecah, saya ingin membagikan cara merawat bibir agar pecah-pecah bisa berkurang atau hilang. Apalagi di bulan puasa ini, salah satu puasa sehat bisa dilihat dari bibir yang sehat. Jadi yuk simak cara-cara di bawah ini 😊

Rajin Pakai Lip Balm

Lip balm ini senjata utama dalam mengatasi atau mengurangi bibir pecah-pecah. Dulu saya sering mencoba memakai madu yang dioleskan pada bibir sebelum tidur, namun hasilnya tidak terlalu maksimal. Saya tidak tahu kenapa. Tetapi setelah saya rajin pakai lip balm, ajaib banget. Bibir saya terasa sehat dan tidak ada lagi kulit-kulit mati yang bergelantung di bibir saya πŸ˜ƒ

Awalnya saya kurang yakin juga sampai saya mencoba untuk bereksperimen. Jadi saya pernah berhenti memakai lip balm 2-3 hari, dan ternyata bibir saya kembali kering dan pecah-pecah. Akhirnya saya yakin dan mulai rajin pakai lip balm hingga sekarang.

Lip balm ini sudah banyak merek dan barangnya di mana-mana dengan harga terjangkau. Saya pribadi paling suka menggunakan Lip Ice Fruity Lipbalm dengan aroma Strawberry. Sebenarnya saya suka bukan karena aromanya, tetapi karena lip balmnya tidak memberikan efek warna di bibir saya sehingga bisa saya gunakan untuk di sekolah/kampus/keluar rumah. Lip Ice ini juga memiliki efek cool di bibir sehingga bibir terasa segar terus. Produk ini sudah saya gunakan sejak SMP hingga baru-baru ini (tahun 2016) saya mencoba produk baru dari Guardian.

Saya tertarik mencoba produk Guardian ini karena waktu itu sedang ada promo +1000 dapat 2. Saya membeli yang Ultra Moist Lip Balm dengan kandungan Pure Beeswax. Kandungan ini ternyata banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah untuk pelembab karena Beeswax mengandung vitamin A yang bermanfaat melembutkan dan menyegarkan kulit kering serta membangun kembali sel kulit mati. (Untuk manfaat lainnya bisa digugling sendiri ya πŸ˜ƒ) Untuk performa, produk ini juga ok. Namun sayangnya produk ini memiliki bau yang tidak terlalu enak sehingga mungkin kalau sudah habis, saya akan kembali pakai Lip Ice.

Ini kok jadi review produk ya πŸ˜† Intinya, hal utama yang harus dilakukan untuk mencegah kulit kering atau pecah-pecah adalah rajin memakai lip balm. Biasanya saya memakai lip balm saat akan keluar rumah dan sebelum tidur. Jangan lupa untuk sikat gigi sebelum pakai lip balm, supaya bibir lebih segar!

Banyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah saya singgung di atas, salah satu penyebab bibir kering adalah akibat dehidrasi, sehingga memperbanyak minum air putih juga bisa menjadi solusi. Sejatinya kita diwajibkan meminum minimal 2 liter sehari. Namun saat berpuasa, tentu akan sedikit susah untuk menyeimbangkan kebutuhan minum kita. Caranya bisa diakali dengan memperbanyak minum saat berbuka (usahakan setelah makan agar tidak terlalu kenyang), saat tarawih (sekalian sebagai penghilang capek πŸ˜ƒ), dan saat sahur. Jadi usahakan selama rentang waktu berbuka dan sahur, kita tidak mengalami kehausan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi berat yang berakibat pada kesehatan bibir.

Tahan untuk Tidak Mencabut Kulit Bibir

Ini memang susah sih, karena rasanya ganjel gitu ya kalau bibir kita kering dan pecah-pecah. Aktivitas ini bisa membuat bibir berdarah-darah sehingga penyembuhan bisa menjadi lebih lama. Nah untuk mengatasinya, bisa langsung mengoleskan bibir dengan lip balm. Jadi harus siap sedia membawa lip balm kemana-mana ya. Beruntung sekali karena lipbalm ukurannya sangat kecil sehingga nggak bikin beban bawanya. Atau jika sedang tidak berpuasa, bisa langsung meminum air putih agar mengembalikan cairan tubuh.

Kurangi Menjilat Bibir

Nah ini saya juga baru tahu kalau ternyata menjilat bibir justru akan memperburuk kekeringan pada bibir. Kalau dipikir-pikir, sepertinya iya juga. Dulu setiap saya menjilat bibir saat lagi pecah-pecah, beberapa detik kemudian bibir malah lebih kering dan lebih nggak enak. Ternyata ini dikarenakan air liur cepat menguap sehingga bisa menyebabkan bibir lebih kering daripada sebelumnya.

Nah itu tadi sedikit yang bisa saya bagi karena saya sudah melakukannya dan alhamdulillah berhasil. Bibir saya jauuh lebih sehat daripada waktu saya SMP dulu. Sebenarnya cara-cara ini tidak terkhusus untuk di Bulan Ramadhan saja, kalau bisa diaplikasikan setiap hari supaya lebih terasa perubahannya. Hanya saja mumpung ini lagi ramadhan, dan agar kita yang berpuasa ini tetap sehat dari segi bibir (πŸ˜ƒ) ada baiknya untuk menjaga kesehatan bibir dengan cara-cara di atas.

Di Internet sebenarnya juga banyak cara lain dan hampir mirip-mirip, malah jauh lebih lengkap πŸ˜ƒ Di sini yang saya tulis hanya yang saya kerjakan dan saya alami, sehingga bisa juga dijadikan referensi. Kalau kebiasaan kalian dalam menjaga kulit bibir gimana ya? Bisa share dong di kolom komentar 😊

Advertisements

2 thoughts on “Cara Mencegah Bibir Kering

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s