Tips Berbuka Puasa

Assalamualaikum.

Pernah nggak sih, saat lagi mau bukber terus ada kendala seperti kehabisan tempat? Atau terkena macet di perjalanan sehingga tidak bisa sampai di tempat bukber saat jam berbuka? Pasti pemuda-pemudi atau orang-orang dewasa pasti pernah dong mengalaminya. Saya pribadi pun pernah mengalaminya. Di Ramadhan kali ini, saya pernah terkena macet saat menuju ke rumah teman. Untungnya sih masih bisa buka di jalan. Nah supaya tidak terulang lagi, saya ingin memberikan tips-tips agar acara bukber berjalan dengan lancar sentosa. Ya meskipun Ramadhan sudah mau meninggalkan kita ( 😦 ), siapa tahu bisa digunakan untuk tahun depan, insya Allah ya, semoga dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan 😊

Baca juga: Pengalaman Berkeinginan Pulang Kampung

Datang Lebih Awal

Datang lebih awal dalam acara bukber ini penting banget loh, apalagi kalau kita bukanya di tempat umum atau di tempat yang jalanan untuk menujunya itu macet. Seperti pengalaman saya saat bukber di rumah teman SMA, saya dan teman saya terkena macet parah sehingga kami buka di jalan. Mungkin kalau kami berangkatnya lebih awal, bukan di jam-jam pulang kantor, kami bisa sampai di rumah teman tepat waktu atau lebih cepat.

Datang lebih awal ini juga penting kalau kita bukber di mal/tempat makan. Hal ini untuk menghindari kehabisan tempat kalau kita datangnya tepat sebelum waktu berbuka. Seperti saya kemarin yang ada rencana bukber di Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, saya berangkat sekitar pukul 15.30 dan sampai di tempat sekitar jam 16.00. Food Court TP dekat Stinger sudah hampir penuh, saya sedikit susah mencari-cari tempat. Tapi karena ternyata teman saya meminta untuk berbuka di Wendys, akhirnya saya pergi ke Wendys untuk me-ngejip tempat. Saat sampai di Wendys, masih sepi sekali. Banyak bangku yang masih kosong sehingga saya bebas memilih bangku mana saja dan yang cukup sejumlah teman-teman saya. Dan bener sekali, sekitar jam 17.00, Wendys sudah penuh sodara-sodara. Untung saja kami sudah dapat tempat 😊

Segerakan Berbuka

Ini adalah anjuran bagi orang yang berpuasa sih untuk menyegerakan berbuka ketika sudah saatnya. Seperti yang saya singgung di tulisan Tipe-tipe Buka Bersama, Allah itu menyukai hamba-Nya yang menyegerakan waktu berbuka. Kalau seandainya lagi di jalanan, segera cari minimarket atau masjid terdekat. Apalagi kalau macet, bisa-bisa lama sekali bukanya atau bahkan sampai kelewatan salat maghrib. Tapi untungnya, di beberapa sudut jalanan biasanya ada orang-orang baik yang memberikan takjil untuk para pengendara ya. Kan lumayan dapet air putih + kurma. Atau kalau bisa sih, kita sudah bawa minuman sendiri sebelum melakukan perjalanan di sore hari. Apalagi kalau sudah dekat waktu berbuka.

Makan Secukupnya

Tip yang ini seperti self reminder banget. Karena setelah saya sadari, saya selalu buka puasa berlebihan hingga merasa kenyang banget. Ini terasa banget saat salat tarawih. Perut saya sampai begah. Kalau sudah begah rasanya tuh kan pengen berdiam diri ya, padahal tarawih kan gerak-gerak, berdiri-duduk. Jadi usahakan makan secukupnya, jangan terlalu kenyang. Kalaupun masih lapar, bisa dilanjut setelah tarawih. Habis tarawih, makan, terus tidur 😛 BAHAHAHA, kenikmatan yang HQQ!

Perhatikan Waktu

Sudah menjadi kebiasaan ya kalau sudah bertemu dengan teman, lalu ngobrolnya nggak habis-habis. Apalagi saat bukber dan kita belum salat maghrib. Lagi makan enak-enak plus ngobrol-ngobrol syantik adalah kenikmatan yang HQQ bagi kaum hawa. Bisa-bisa kalau nggak direm, kita kehilangan salat maghrib. Sayang sekali kan, sudah puasa seharian tapi ibadah wajibnya nggak dilaksanakan. Kalau bisa sih sering-sering lihat jam kalau sedang bukber sama teman-teman, agar bisa menyudahi bukber dan segera salat maghrib terlebih dahulu.

Cari Tempat Bukber yang Tepat

Sebenarnya tempat bukber sama aja sih ya, wkwk. Tapi berdasarkan pengalaman terkena macet, saya jadi ingin memasukkan ini dalam tips. Jadi sebaiknya kita mencari tempat bukber yang mudah dijangkau, jangan yang di hari-hari biasa aja, untuk menuju ke daerah sana aja sudah macetnya luar biasa, apalagi kalau di Bulan Ramadhan. Semua pengendara pada berhamburan untuk dulu-duluan sampai di rumah. Jadi penting banget buat cari tempat yang sekiranya gampang dituju, nyaman tempatnya, dan kalau bisa ada tempat salatnya supaya bisa sekalian salat maghrib setelah berbuka.

Baca juga: Buka Bersama di Masjid Al Madani

Nah itu tadi beberapa tips yang saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya pribadi. Kalau kalian ada tips yang ingin dibagi, bisa kasih komentar di bawah sini. Ingat, berbagi itu berpahala sekali kan, apalagi yang bermanfaat bagi banyak orang 😊 Anyway, selamat berpuasa hari-hari terakhir!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s