Community Meet Up & Creative Workshop: Inijie Bagi Tips Buat Bikin Foto Makanan Kece

Assalamualaikum.

Baru sadar ternyata tulisan saya di tahun ini tentang buku atau film doang, ya 😀 Buat penyegaran tulisan blog, kali ini, saya akan menulis selain kedua topik itu. Sesuai judulnya, saya di sini ingin bercerita tentang acara yang saya ikut berpartisipasi di dalamnya.

Ko Jie on the stage!

Saya bisa berkesempatan mendengarkan Inijie berkat acara Community Meet Up & Creative Workshop yang diadakan oleh Good News From Indonesia (GNFI) bareng sama Jenius Connect Co-Create. Peran saya bukan peserta sih, tapi sebagai panitia (dadakan). Tapi untungnya, saya diberi kesempatan buat ikutan workshop yang diberikan sama Ko Jiewa Viera.

Acara ini diadain di Buro Bars & Bites, Surabaya. Letaknya di Jalan Sumatera No. 40, tepatnya di sebelah Pengadilan Tinggi Negeri Jawa Timur. Ini pertama kalinya saya mengunjungi Buro Bars, sebelumnya saya hanya pernah mengunjungi satu resto yang ada di jalan tersebut, yaitu Domicilie Kitchen & Lounge dalam acara Google #SelaluTauYangSeru.

Mereka yang turut berpartisipasi dalam acara ini akan disambut oleh tulisan-tulisan yang menggunakan bahasa Suroboyo-an.

Kemudian juga partisipan akan mendapatkan goodie bag dari Jenius dan pouch berisi jajan-jajan ‘zaman Teletubbies’ dari GNFI. Jajan-jajan itu seperti permen milk, permen pendekar biru, jipang, permen koin, wafer Superman, dan jajan micin lainnya. Sayangnya nggak sempat saya foto, jajan tersebut sudah ludes 😆

Pouch dari GNFI

Dalam acara ini, GNFI merayakan ulang tahunnya yang ke-9. Wah sudah hampir satu dekade ya media yang khusus memberitakan hal-hal positif tentang Indonesia ini hadir di tengah media-media lain. Saya sendiri sih awal taunya waktu beranjak dari SMA ke kuliah, jadi sekitar tahun 2013an. Waktu itu, teman SMA saya nggak sengaja iseng bikin logo Sea Games 2019 (kalau nggak salah), terus di-repost sama GNFI. Tapi waktu itu saya belum melirik lebih jauh lagi soal GNFI.

Terus semenjak saya aktif lagi di Twitter (sekitar 2016) dan setahun kemudian ramai isu pilgub di Jakarta, saya mulai stres dengan apa yang lewat di linimasa Twitter saya. Padahal saya ini orang Surabaya loh, nggak ikutan pemilu tapi ikutan stres 😆 Akhirnya saya mulai unfollow beberapa akun berita yang sebelumnya saya ikuti dan tiba-tiba ketemu lagi deh sama GNFI. Sejak itu saya jadi ikutin media ini.

Selain perayaan ulang tahun GNFI, ada juga acara dari Jenius Co-Create. Saya sendiri sebenarnya nggak ngikutin presentasinya, karena lagi ‘bertugas’. Tapi saya kena pengaruh dari mbak-mas yang nawarin buat bikin akun Jenius, katanya gratis dan berbagai kelebihan Jenius yang dijelaskan. Sebelumnya sudah pernah dengar sih soal Jenius dari baca tulisannya Kak Chika, jadinya (kebetulan) pengen bikin juga. Jadi tanpa pikir panjang, saya bikin akun Jenius dibantu sama mbak-masnya yang ada di acara itu.

Sayangnya, waktu itu sistem yang bisa cetak akun Jenius ke kartu ATM-nya lagi nggak berfungsi dari pusat sehingga saya belum dapat kartunya. Tapi tenang aja, saya nggak perlu repot-repot ke Bank BTPN buat ambil kartunya karena kartu itu nanti akan diantar ke alamat korespondensi yang ada di aplikasi Jenius. Bagus ya pelayanannya!

Nah masuk ke acara penutupnya, yaitu workshop dari Jiewa Vieri atau lebih dikenal dengan Inijie soal food photography. Tapi sebenarnya saya nggak ngikutin dari awal, jadi ada ketinggalan materi gitu. Nah di sini beliau membagikan tips dalam mengambil foto makanan dan saya hanya mencatat 3 dari 8 tips yang disampaikan beliau. Apa aja tips yang saya catat itu?

#1
Best Angle

Angle foto adalah hal paling umum dan nggak asing buat yang sering foto-foto. Setiap orang tentunya memiliki “angle andalan”-nya masing-masing dan bisa banget berbeda antara yang satu dengan lainnya. Namanya juga manusia kan ya, pastinya punya pandangan yang berbeda-beda dari satu objek. Dari Ko Jie (panggilan akrab Jiewa) sendiri, menyebut ada tiga angle andalan dalam memotret makanan.

Pertama ada eye level, yang katanya adalah angle paling aman. Angle ini menyesuaikan posisi mata kita saat memandang makanan, yaitu kira-kira membentuk sudut 45 derajat. Tapi yang kayak gini artinya sudah biasa kan, ya? Karena antara yang difoto sama yang biasa mata ngelihat itu posisinya sama.

Nah kalau mau beda bisa menggunakan angle kedua, yaitu below eye level. Angel yang di bawah sudut 45 derajat ini termasuk yang cukup unik atau jarang dilihat oleh mata normal. Jadi kita bisa melihat makanan yang ada di foto dari sudut yang berbeda. Menarik, kan?

Angle yang terakhir adalah angle sejuta umat, yaitu top view. Sudah banyak banget kan foto-foto dari atas yang membuat objek terlihat datar (flat)? Kuncinya untuk membuat foto ini sih satu, harus sejajar sama objeknya! 😀

#2
Avoid Bad Recipe

Menurut Ko Jie, ada tiga resep yang membuat foto makanan tidak terlihat indah serta menggugah selera. Padahal tujuan food photography kan membuat orang yang melihat jadi bisa ngiler dan kepengen menikmati makanan itu. Nah jadi penting nih buat melakukan tiga resep ini:

  • Don’t use direct flash
  • Dont put it on the floor
  • Dan jangan sekali-kali memfoto makanan dengan dimiring-miringin

#3
Finding Your Own Style

Cara untuk menemukan gaya berfoto ala kita sendiri menurut Ko Jie adalah dengan mencontek gaya-gaya fotografi yang sudah ada. Dengan begitu, lama-kelamaan kita bakal bisa nemuin gaya foto kita sendiri. Jadi intinya adalah “copy, copy, copy and we will find our own style.

* * *

Bermanfaat sekali ya ‘resep’ memotret dari salah seorang food photographer kondang Indonesia ini. Setelah Ko Jie memberikan resepnya, para peserta diajak untuk mencoba langsung memotret makanan. Kebanyakan di sini mereka hanya membawa kamera hengpon −bukan hengpon jadulnya si Mak Mak ya 😆 − termasuk saya. Nah ini dia hasil foto makanan saya yang diambil dengan HP Xiaomi Redmi Note 4.

Coba foto flat lay

Gatau ini angle apa 😆

Seru sekali acaranya! Semoga acara-acara gratis seperti ini sering diadakan ya, supaya bisa menambah ilmu gitu 😀

thx2

Advertisements

2 thoughts on “Community Meet Up & Creative Workshop: Inijie Bagi Tips Buat Bikin Foto Makanan Kece

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s